Mengenal Fitur Baru di InDesign CC 2017

Bagi seorang desainer yang bergelut di bidang publikasi seperti penerbitan, surat kabar, dan majalah, Indesign masih menjadi aplikasi desain grafis favorit mereka. Apalagi dengan hadirnya versi Indesign terbaru, yakni Adobe Indesign CC 2017 yang dilengkapi beragam fitur desain terkini dari Adobe – yang disinyalir akan mampu mempercepat kinerja seorang desainer dalam pekerjaan mereka. Memang hingga saat ini aplikasi Adobe Indesign masih menjadi salah software desain grafis terbaik, khususnya untuk menangani projek desain yang berkaitan dengan penataan halaman, seperti layout buku dan desain majalah.

Oleh sebab itu, tidaklah mengherankan apabila Adobe Indesign dijadikan sebagai aplikasi layout standar pada beberapa penerbit besar. Berkaitan dengan hal ini, Adobe Indesign seringkali digunakan untuk membuat layout buku maupun layout majalah yang begitu kompleks, baik dari sisi konten, tipografi dan lain sebagainya. Di samping itu, pada versi terbarunya, yakni Adobe Indesign CC 2017, banyak fitur baru yang dapat pengguna temukan. Di antaranya adalah adanya integrasi dengan aplikasi Adobe lainnya. Hal ini berarti pengguna dapat berpindah dari Aplikasi Indesign ke aplikasi Adobe lainnya dengan mudah untuk semakin mempercepat proses pekerjaan mereka.

Tentu saja Adobe Indesign tidak hanya sebatas dapat digunakan untuk membuat layout buku maupun layout majalah semata. Pengguna juga dapat membuat desain poster, brosur, maupun flyer yang menarik. Tidak sampai di sini saja, Adobe Indesign CC 2017 juga menawarkan beragam fitur incredible untuk membuat layout buku maupun majalah yang akan diterbitkan secara online maupun digital (e-publisihing). Hal ini tentu akan semakin mempermudah pekerjaan seorang penata letak / layouter, sebab untuk membuat desain majalah digital mereka tidak membutuhkan lagi aplikasi tambahan lainnya.

Lantas, fitur apa sajakah yang disematkan pihak Adobe pada Indesign CC 2017? Berikut ini adalah ulasannya.

Tampilan Baru pada Wellcome Screen

Pada saat dijalankan pertama kali, Adobe Indesign terbaru akan menampilkan tampilan yang begitu berbeda dari versi-versi terdahulu. Mungkin hal ini dirasa kurang begitu familiar bagi mereka yang baru menjalankan Adobe Indesign 2017. Terutama bagi mereka yang menginstallnya bukan dari versi berlangganan (subscription) yang disediakan pihak Adobe. Hal ini dikarenakan karena pihak adobe telah mempermak secara keseluruhan pada tampilan welcome screen di Indesign 2017 – yang berfungsi untuk memandu pengguna ketika membuat dokumen baru di indesign. Di samping itu, integrasi dengan Adobe Stock akan memberikan kemudahan kepada pengguna untuk mencari template indesign yang sesuai dengan projek garapan mereka.

Desain UI yang lebih Sederhana

Untuk tampilan desain UI, Adobe Indesign CC 2017 memiliki desain yang lebih simple. Seperti halnya aplikasi Adobe CC lainnya, pengguna dapat merubah tingkat kekontrasan tampilan antar muka di Indesign CC 2017. Di samping itu, pengguna juga dapat mengkustomisasi beberapa tampilan icon pada panel di Indesign 2017. Secara default, interface di indesign memiliki corak warna dark grey, namun pengguna dapat mengubah ke warna atau tema lain melalui menu Edit > preference.

Fitur Tipografi yang Lebih Mumpuni

Adobe indesign dari awal kemunculannya memang diperuntukkan untuk menangani pekerjaan yang selalu berhubungan dengan pengolahan elemen tipografi. Namun pada versi Indesign 2017 kali ini, pihak adobe telah mengembangkan fitur tipografi baru yang tidak dimiliki oleh versi Indesign sebelumnya. Dengan adanya perubahan pada fitur OpenType, pengguna akan lebih cepat dalam mensetting style font yang mereka gunakan. Caranya adalah dengan mengklik icon ‘O’ di bawah text frame, kemudian pilih properti font yang ingin digunakan.

Melihat beragam pengembangan fitur baru pada Indesign CC 2017 dapat dikakatakan bahwa hal ini merupakan sebuah langkah evolusi dari Adobe. Adobe Indesign CC 2017 tampil sebagai platform aplikasi desain layout yang memiliki ‘wajah’ baru serta beragam kemampuan untuk menangani beragam projek desain grafis yang begitu kompleks.

Spesifikasi Komputer untuk Indesign 2017

Lantas spesifikasi komputer grafis seperti apa yang dibutuhkan untuk menginstall Adobe Indesign CC 2017. Untuk menginstall indesign terbaru, paling tidak dibutuhkan spesifikasi hardware sebagai berikut:

Pengguna Mac

  • Prosesor: Intel multicore prosesor
  • Versi OS: MacOS 10.10, 10.11 atau 10.12
  • RAM: 2 GB, rekomendasi 8 GB
  • Hardisk: tersedia space 2,5 GB untuk instalasi
  • Resolusi Layar: minimum 1024 x 768 px, direkomendasikan 1280 x 800 pixel, dan mendukung retina display.

Pengguna Windows

  • Prosesor: Intel Pentium 4 atau AMD Athlon
  • Versi OS: Windows 7 SP 1, Windows 8, Windows 8.1 atau Windows 10
  • RAM: 2 GB, rekomendasi 8 GB
  • Hardisk: tersedia space 2,6 GB untuk instalasi
  • Resolusi Layar: minimum 1024 x 768 px, direkomendasikan 1280 x 800 pixel dan telah mendukung HiDPI Display
Bagikan Artikel:
Artikel Terkini